Kenali, Pahami Penyakit Kuku Kuning yang Marak di Indonesia

Kondisi sepele pada tubuh Anda seperti munculnya kuku kuning jangan diabaikan, mungkin ada yang berpendapat hal ini karena kotor, kebiasaan memegang rokok atau bekas kutek. Namun, ternyata di baliknya ada indikasi sejumlah penyakit lho! Penyakit kuku kuning memang masih terdengar asing di Indonesia namun jumlah penderitanya sudah mencapai angka ratusan dari setiap daerah. Simak dengan jeli serba serbi kuku kuning yuk!

Definisi Kuku Kuning

Penyakit kuku kuning merupakan sebuah kondisi dimana sindrom kuku kuning muncul pada area kuku tangan dan kuku kaki. Penyakit itu masih langka sekali dialami oleh orang Indonesia namun sudah ada beberapa mengalaminya, khususnya bagi orang lansia (lanjut usia) di atas umur 50 tahun. Ketika kuku Anda mulai menampakkan warna kuning maka sebaiknya Anda periksakan diri ke klinik atau rumah sakit. Kemungkinan ada indikasi penyakit dalam yang sedang Anda derita namun tidak ditampakkan secara fisik. Penyakit yang muncul berhubungan dengan organ pernafasan, limfedema (bengkak di tangan), saluran getah bening, sinusitis.

Faktor Pemicu Kuku Kuning

Penyebab penyakit kuku kuning masih dikaji lebih lanjut hingga saat ini karena belum ada kepastian penyebab selain faktor genetik yang dibawa indukan sebelumnya. Namun, belum tentu juga indukan mengidap kuku kuning, bisa jadi dari genetik kakek atau nenek. Akan tetapi, ada beberapa faktor pemicu munculnya penyakit kuku kuning yang terlihat oleh fisik yaitu:

  1. Sakit Liver/Hati

Merupakan penyakit dengan virus hepatitis A, B yang menyerang organ hati sehingga penderitanya mengalami warna kuning di sekujur tubuhnya termasuk bagian kuku.

  • Sakit Diabetes

Penyakit gula darah berlebih (diabetes) pasalnya berasal dari kurangnya produksi hormon insulin sebagai pengatur kelebihan gula dalam darah. Kadar gula di darah tinggi sehingga insulin tidak mampu mengontrol dan akhirnya partikel gula tidak mampu memecah senyawa menjadi lebih sederhana, hal ini kemudian berefek pada produksi kolagen. Kolagen merupakan senyawa kimia yang berperan untuk membentuk kuku secara sempurna sehingga apabila kolagen menurun maka kuku akan kekurangan protein dan menguning.  

  • Sakit Paru-Paru

Jika Anda pernah mengalami sakit TBC atau bronkiolus maka kuku akan menguning tetapi tidak selalu demikian. Indikasi pengidap kuku kuning kemungkinan karena paru-paru yang tidak bersih seperti pada paru-paru perokok berat dan aktif.

  • Sakit Psoriasis

Sakit kuku kuning bisa menjadi sebuah pertanda awal penyakit baru lainnya yakni Psoriasis. Psoriasis adalah sakit kulit yang dimulai dari bercak-bercak kecil hingga melebar besar.

  • Penggunaan Kutek Berlebihan

Penggunaan kutek berlebihan memang akan menimbulkan bekas lama pada kuku Anda namun ketika ada warna kuning belum tentu juga Anda telah mengidap suatu penyakit berbahaya. Pola pemakaian kutek juga ada aturan, setiap malam harus dibersihkan agar zat kimia tidak masuk terlalu lama di aliran darah Anda.  

Pengobatan Kuku Kuning

Jika Anda mendapati kuku berwarna kuning dan khawatir maka bisa lakukan pengobatan kuku kuning dengan cara mengunjungi tenaga kesehatan seperti dokter dan melakukan medical check-up seluruh tubuh Anda. Apabila terdapat indikasi penyakit lain maka dokter akan memberikan tindakan medis dengan sumber penyakit Anda tersebut. Akan tetapi, Anda juga perlu menjaga pola makanan dengan baik agar terhindar dari munculnya penyakit baru.

Hidup sehat diperoleh jika Anda mampu menjaga, mengontrol pola makan dan emosi sehingga tubuh Anda akan terbiasa dengan hal sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *