Mengenal Gaya Hidup Early Bird dan Night Owl Serta Hubungannya Dengan Kesehatan Mental

Tentunya masih banyak sekali orang yang penasaran mengenai gaya hidup early bird dan night owl terhadap kesehatan mental, dimana kedua gaya hidup ini banyak dianut oleh masyarakat. Walaupun namanya masih jarang di dengar oleh masyarakat namun sebenarnya gaya hidup ini sudah tidak asing lagi, tentunya gaya hidup dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan termasuk kesehatan mental. Oleh sebab itu Anda wajib mengetahui seluk beluk mengenai gaya hidup yang satu ini.

Apa itu early bird dan night owl?

Jika dilihat secara umum, sebenarnya terdapat 2 kelompok waktu tidur yaitu early bird dan night owl. Untuk kelompok night owl merupakan kelompok yang memiliki banyak energi ketika malam hari dan cenderung tidur saat larut malam. Namun untuk kelompok early bird merupakan kelompok yang cenderung tidur malam lebih awal dan akan bangun pada saat pagi hari. Tentunya gaya hidup yang seperti ini pastinya sudah tidak asing lagi, dimana beberapa orang ada yang mudah tertidur di waktu awal pada saat malam hari dan ada orang yang lebih memilih tidur pada saat larut malam. Tentunya gaya hidup seperti ini tidak timbul begitu saja, namun berdasarkan penelitian gaya hidup yang seperti ini timbul akibat kekuatan biologis, suasana hati, dan cara berfikir.

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 700.000 orang ditemukan bahwa faktor gen merupakan faktor terbesar yang memberikan pengaruh terhadap gaya hidup ini. Tercatat bahwa faktor gen memberikan pengaruh terhadap kapan waktu tidur dan bangun seseorang, namun faktor ini tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan seseorang untuk mendapatkan tidur berkualitas.  Faktor gen dianggap memberikan pengaruh karena gen melibatkan ritme sirkadian yaitu siklus tidur dan bangun pada manusia. Gen tersebut nantinya akan berhubungan dengan otak dan jaringan retina mati. Keberadaan gen tersebut pada bagian matalah yang membantu mereka dalam kelompok early bird mudah mendeteksi cahaya pada pagi hari untuk bangun.

Seberapa besar pengaruh gaya hidup ini terhadap mental?

Tentunya banyak sekali penelitian yang mencari tahu mengenai pengaruh gaya hidup ini terhadap kesehatan mental. Salah satu penelitian adalah di Jerman dimana melakukan pemindaian otak pada kedua kelompok gaya hidup ini. Hasil pemindaian menemukan bahwa mereka yang ada di kelompok night owl memiliki zat putih yang sedikit, dimana jaringan ini yang menyebabkan resiko depresi dan merusak fungsi kognitif sangat tinggi. Selain itu kelompok night owl juga sering mengalami jetlag, hal ini dikarenakan mereka gemar tidur larut malam sehingga tidak jarang mereka sering kurang tidur. Akan tetapi mereka yang termasuk dalam night owl memiliki kecenderungan lebih produktif hal ini dikarenakan mereka memiliki stamina yang banyak ketika siang hari.

Namun untuk kelompok early bird ditemukan bahwa mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kelompok night owl. Bahkan kelompok ini juga memiliki resiko rendah untuk terkenal skizofrenia dan depresi. Oleh sebab itu apabila Anda menganggap bahwa gaya hidup mengenai jam bangun dan tidur tidak memiliki pengaruh terhadap kesehatan mental maka salah besar. Sebab hal ini memberikan pengaruh terhadap kesehatan mental, oleh sebab itu  setiap gaya hidup pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh sebab itu inilah seluk beluk mengenai gaya hidup early bird dan night owl serta pengaruhnya terhadap kesehatan mental Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *